search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Hari Terjadi 7 Kasus Gigitan Anjing Rabies di Karangasem
Senin, 31 Januari 2022, 15:55 WITA Follow
image

beritabali/ist/5 Hari Terjadi 7 Kasus Gigitan Rabies di Karangasem.

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKARANGASEM.COM, RENDANG.

Petugas kesehatan hewan Kecamatan Rendang melaksanakan vaksinasi rabies di wilayah Banjar Dinas Puragae, Desa Pempatan, Rendang, Karangasem pada Senin (31/01/2021). 

Vaksinasi rabies ini dilakukan menyusul adanya sejumlah kasus gigitan anjing di wilayah tersebut. Vaksinasi yang dilakukan menyasar anjing yang belum pernah mendapatkan vaksin rabies terutama anjing dengan rentan umur dibawah 7 bulan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, dalam kurun waktu 5 hari terakhir, sudah terjadi 7 kasus gigitan oleh 2 ekor anjing di wilayah Banjar Dinas Puragae dengan gejala klinis mengarah ke virus rabies dimana saat ini masih dalam proses pengiriman sample. 

"kedua anjing tersebut memiliki gejala yang sama yaitu prilaku berubah dan menggigit pemilik dan warga sekitarnya tanpa sebab, " jelas Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Kabupaten Karangasem, Drh. I Made Wijaya Satriadhi Mitha dikonfirmasi, Senin (31/01/2022). 

Dengan adanya kasus tersebut, ia mengimbau agar warga yang memiliki anjing peliharaan agar mengikat atau mengandangkan anjingnya yang belum tervaksin rabies, keselamatan keluarga dan lingkungan harus diutamakan.

Karena tidak menutup kemungkinan ada anjing yang telah tertular rabies namun belum menunjukkan gejala klinis. 

"Gejala rabies pada anjing yang paling mudah dilihat adalah perubahan prilaku dan menggigit tanpa sebab lebih dari satu orang dalam kurun waktu 1-2 hari," tandasnya.

 

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritakarangasem.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Karangasem.
Ikuti kami