search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Peternak Ayam Petelur di Karangasem Gigit Jari di Awal Tahun
Kamis, 27 Januari 2022, 21:10 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/ilustrasi/Peternak Ayam Petelur di Karangasem Gigit Jari di Awal Tahun.

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKARANGASEM.COM, KARANGASEM.

Peternak ayam petelur di Karangasem sempat tersenyum lega ketika menyambut tahun 2022, dimana saat itu harga telur relatif stabil dengan biaya produksi yang dikeluarkan. 

Namun memasuki akhir bulan Januari di tahun 2022 ini, para peternak ayam petelur di Karangasem nampaknya kembali dihadapkan situasi yang sulit, pasalnya sejak beberapa hari  lalu harga telur kembali merosot dari sebelumnya Rp.48.000 untuk satu trai telur kualitas super kini turun menjadi Rp.27.000 per trainya.

Merosotnya harga telur ayam diakui oleh salah seorang peternak ayam petelor asal Desa Pesedahan, Manggis, Karangasem, I Nyoman Sumadi. Dengan kondisi tersebut menurut Sumadi tentunya peternak akan merugi karena tidak stabil dengan biaya yang dikeluarkan untuk pakan dan perawatan ayam petelor.

"Saya saat ini masih pelihara sekitar 20 ribu ekor ayam petelur, sehari menghasilkan telur sekitar 15 ribu butir jika dirupiahkan dengan akumulasi harga telor Rp.900 per telor, maka mendapat penghasilan Rp.13.500.000 sedangkan untuk pakan per harinya sekitar 2,5 ton jika dihitung sekitar

Rp.15.800.000 sehingga setiap hari kita merugi sekitar Rp.3.300.000, itu belum termasuk obat, vaksin, air, listrik dan tenaga kerjanya," ujar Pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Karangasem tersebut, Kamis (27/01/2022). 

Selaku anggota DPRD dan sebagai salah satu peternak ayam petelur di Karangasem, Sumadi berharap pemerintah hadir untuk mengawasi harga telur di pasaran serta menjaga kestabilan harga pakannya juga.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritakarangasem.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Karangasem.
Ikuti kami