search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gedung Baru Puskesmas I Abang Kini Layani Rawat Inap
Senin, 17 Januari 2022, 16:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Gedung Baru Puskesmas I Abang Kini Layani Rawat Inap.

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKARANGASEM.COM, ABANG.

Dilengkapi dengan fasilitas rawat inap, gedung baru Puskesmas Abang I yang dibangun di atas lahan seluas 30 Are di wilayah Desa Tista, Abang, Karangasem diresmikan oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana pada, Senin (17/01/2022). 

Pantauan di lapangan, suara tabuh gambelan dan sejumlah tari-tarian seperti topeng dan rejang dewa mengiringi prosesi peresmian melaspas dan ngersigana gedung baru yang pembangunannya mengunakan angaran alokasi khusus (DAK) Tahun 2021 sebesar Rp5,6 Miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama didampingi Kepala Puskesmas Abang I, dr. I Nyoman Wirya ditemui di sela - sela peresmian mengatakan, Gedung baru Puskesmas Abang I ini memiliki kapasitas rawat inap sebanyak 12 ruangan yang terdiri dari 10 kamar tidur, 4 kamar rawat inap laki - laki, 4 kamar rawat inap perempuan, 2 ruang rawat inap anak dan 2 ruang rawat inap pasca persalinan.

"Puskesmas Abang I menjadi Puskesmas ke 7 dari 8 Kecamatan di Karangasem yang sudah bisa melayani rawat inap," ujar Putra Pertama. 

Dilanjutkan Wirya, Gedung Puskesmas Abang I ini sudah mulai beroperasi sejak 1 Januari 2022 namun diresmikan atau prosesi melaspas baru dilaksanakan hari ini. Di Puskesmas Abang I ada 3 Poli klinik dengan 67 orang tenaga medis dan 3 orang dokter ditambah bantuan tenaga medis impresif sebanyak 4 orang. 

Sementara itu, Bupati Karangasem, I Gede Dana dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa salah satu upaya untuk menyehatkan masyarakat agar tercapainya kesehatan masyarakat yang menyeluruh dan optimal, adil dan merata serta terjangkau bagi masyarakat adalah melalui pembangunan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan salah satunya adalah Pembangunan Puskesmas, karena puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dengan telah dibangunnya gedung Puskesmas Abang I yang baru ini, pelayanan kesehatan di puskesmas abang I akan ditingkatkan pelayanannya, dari puskesmas rawat jalan menjadi puskesmas rawat inap. 

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Abang ini agar memanfaatkan sarana pelayanan kesehatan ini lebih baik, selalu ikut berperan aktif untuk bersama-sama menjaga gedung puskesmas yang baru ini selalu dirawat sehingga puskesmas ini berfungsi dengan baik, dan juga saya mengajak seluruh masyarakat ikut berperan aktif dalam menjaga kesehatan pribadi maupun keluarga serta lingkungan masyarakat dengan membiasakan menjaga pola hidup bersih dan sehat dan selalu melaksanakan protokol kesehatan yang ketat karena wabah pandemi covid 19 belum berakhir terlebih lagi muncul varian-varian baru dari virus covid 19 ini," ujar Bupati Gede Dana. 

Ia juga berharap kepada semua tenaga kesehatan khususnya di puskesmas abang I ini agar selalu senantiasa mampu melahirkan kegiatan inovasi dalam upaya menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat di wilayah kerja puskesmas dengan kegiatan promotive,preventif sebagai upaya kesehatan masyarakat agar masyarakat dapat hidup sehat, tingkatkan pula kerjasama lintas sector, libatkan masyarakat dan layani pasien dengan sepenuh hati.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritakarangasem.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Karangasem.
Ikuti kami