search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BBPOM Advokasi Program Pangan Aman di Karangasem
Jumat, 22 April 2022, 22:00 WITA Follow
image

beritakarangasem.com

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKARANGASEM.COM, KARANGASEM.

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar menggelar Advokasi terpadu program desa pangan aman (GKPD) pangan jajanan yang dikonsumsi anak usia sekolah (PJAS) dan pasar aman berbasis komunitas di kabupaten karangasem, Jumat (22/4/2022) 

Kegiatan yang berlangsung di aula SKB Jasri, Kelurahan Subagan, Karangasem tersebut dihadiri langsung oleh Kepala BBPOM Denpasar, I Made Bagus Garametta dengan menghadirkan puluhan peserta yang berasal dari perwakilan sekolah, Desa dan pasar yang ada di Karangasem. 

Dari 3 program tersebut, yang pertama dilakukan adalah tahapan Advokasi, dilanjutkan dengan melatih kader dan ke sekolah, tujuannya adalah pengawasan berbasis komunitas. Dengan melatih komunitas ini harapannya agar dalam pengawasan kedepannya tidak selalu dilakukan oleh badan POM, melainkan biaa langsung dilaksanakan oleh komunitas baik di pasar, desa maupun di sekolah. 

"Harapan kita agar pengetahuan sikap dan perilaku bisa berubah sehingga mereka mengetahui bagaimana memilih pangan yang aman, bermanfaat dan bermutu," jelasnya. 

Selain itu, dengan adanya pelatihan berbasis komunitas ini juga dibekali pengetahuan tentang bagaimana cara mengetahui adanya pangan yang berpotensi mengandung zat berbahaya.

Komunitas juga akan dilatih menggunakan alat tes agar nantinya bisa  secara langsung mencari sample di pasar, di desa maupun jajanan anak sekolah.

Sementara itu, untuk menghindari pangan dengan zat berbahaya, Metta mengingatkan agar dalam memilih pangan lebih memperhatikan, misalnya warna hingga tekstur makanan. Jika

memungkinkan hindari warna makanan yang sangat mencolok serta memperhatikan kemasannya.

 

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/net

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritakarangasem.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Karangasem.
Ikuti kami