search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kondisi Mes Kepsek SD 3 Duda Utara Mirip Tempat Uji Nyali
Selasa, 17 Mei 2022, 20:10 WITA Follow
image

beritakarangasem.com

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKARANGASEM.COM, KARANGASEM.

Ibarat tempat uji nyali, begitulah suasana yang menggambarkan kondisi bangunan mes kepala sekolah yang berada di SD Negeri 3 Duda Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem. 

Pantauan media ini, Selasa (17/5/2022) kondisi bangunan mes yang dibangun sekitar tahun 1983 tersebut sangat mengenaskan. Tak hanya dalam keadaan rusak berat, bangunan yang diduga belum sempat tersentuh perbaikan tersebut nampak sangat menyeramkan.

Hal ini karena hampir seluruh bagian bangunan sudah lapuk ditumbuhi lumut ditambah dengan kondisi atap yang sudah rontok berlubang. 

"Kalo mes ini dulunya disediakan untuk guru pendatang sebagai tempat tinggal supaya tidak kos lagi, sekarang kondisinya sudah rusak parah, kami sudah usulkan untuk penghapusan agar bangunan bisa dibongkar sehingga nantinya lahan di bawahnya bisa dipergunakan untuk membangun

bangunan yang baru, misalnya untuk ruangan UKS, tetapi sejauh ini belum ada tindak lanjut," ujar Kepala Sekolah SDN 3 Duda Utara, Ni Ketut Artini.

Tak sampai di sana, selain bangunan mes, hampir seluruh gedung baik ruang kelas tempat siswa belajar hingga ruang kepala sekolah dan UKS juga kondisinya cukup menghawatirkan. 

Seperti yang terlihat, bagian plafon yang terbuat dari anyaman bambu (bedeg) kebanyakan nampak sudah rapuh. Dibeberapa titik bahkan sudah ada yang jebol. 

Seperti di ruang UKS misalnya, untuk sementara ruangan tersebut tidak bisa difungsikan secara maksimal karena beberapa bagian plafon ada yang sudah jebol ditambah konstruksi atap yang mulai rapuh termakan usia sehingga sangat berisiko.

Kondisi ini juga terjadi pada gedung B yang diperuntukkan untuk ruangan kelas 3, 4 dan 5 yang berada disisi sebelah timur sekolah. Pada bagian atap gedung sudah cukup rapuh dan bocor pada saat hujan turun. 

Kondisi ini diperkirakan karena usia bangunan yang sudah cukup tua, karena setahunya dan beberapa guru yang lain, setelah berdirinya sekolah tersebut pada tahun 1976 silam hingga kini belum diketahui ada perbaikan atau renovasi.

"Hampir semua gedung kondisi atapnya sudah mulai rapuh, khususnya gedung B kelas 3, 4 dan 5, selain rapuh juga mulai bocor saat hujan, kami para guru sempat melakukan perbaikan tambal sulam pada bagian yang bocor,

tapi karena memang sudah rapuh sehingga tidak banyak yang berani untuk diperbaiki," kata Kepala Sekolah yang sudah 10 tahun menjabat di sekolah tersebut.

Atas kondisi tersebut, ia berharap bangunan sekolah yang kini kondisinya cukup menghawatirkan tersebut bisa mendapat perhatian dari pemerintah sehingga bisa segera dilakukan perbaikan. 

Mengingat beberapa bulan ke depan akan memasuki tahun ajaran baru tentunya agar anak - anak bisa belajar dengan aman dan nyaman.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/net

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritakarangasem.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Karangasem.
Ikuti kami