search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ratusan Pelanggan PDAM di Desa Nongan Paceklik Air Bersih
Kamis, 16 Desember 2021, 21:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Ratusan Pelanggan PDAM di Desa Nongan Paceklik Air Bersih.

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKARANGASEM.COM, RENDANG.

Ratusan pelanggan PDAM di wilayah Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem paceklik air bersih setelah sambungan pipa putus akibat terkeruk alat berat proyek drainase di kawasan tersebut.

Perbekel Desa Nongan, I Wayan Daging saat dihubungi Kami, (16/12/2021) membenarkan tentang adanya gangguan aliran air PDAM di wilayah tersebut sejak beberapa hari terakhir ini.

"Ya benar, contohnya di Kantor Desa sampai sekarang (Kamis, 16 Desember 2021) belum mengalir airnya sejak 4 hari yang lalu, kata pihak PDAM karena pipanya dikeruk alat berat, disambung sebelah selatan kemudian di utaranya lagi di keruk, " ujarnya.

Ia berharap, air PDAM bisa segera mengalir kembali dengan lancar, karena masyarakat khususnya pelanggan yang terdampak cukup kesulitan lantaran untuk mencari air yang jaraknya cukup jauh untuk kebutuhan sehari hari termasuk untuk MCK.

Terganggunya pasokan air bersih di wilayah Desa Nongan dan sekitarnya juga di benarkan oleh Kepala Unit PDAM Rendang, I Wayan Mangku. Ia menjelaskan, gangguan itu terjadi karena salah satu pipa PDAM ada yang putus akibat dikeruk alat berat proyek pengerjaan drainase di jalur tersebut.

Padahal belum lama ini pihak PDAM baru saja melakukan perbaikan terhadap pipa di jalur tersebut yang juga rusak akibat pengerukan drainase. 

Sebagai Kepala Unit, Wayan Mangku sendiri sudah sempat berbicara kepada pihak yang mengerjakan proyek tersebut agar pengerukan dilakukan secara manual mengingat hanya melakukan pelebaran drainase lagi sedikit saja agar jaringan pipa yang baru saja diperbaiki tidak rusak kembali. 

"Saya sempat bicara bahkan sampai debat dengan pihak pekerja, saya minta agar bisa dikerjakan manual saja tidak menggunakan alat berat karena hanya melakukan pelebaran lubang drainase lagi sedikit.

Saya juga bingung di satu sisi pelayanan jadi terganggu, disisi lain belum kering lem pada pipa yang diperbaiki sudah kembali rusak dikeruk, kalo masalah nyambung kita bisa lakukan dengan cepat, yang jadi masalah ketika dikeruk pipa patah lalu tergenang dan kotoran masuk menyumbat pipa ini yang memakan waktu untuk mencari titik sumbatannya," terang Wayan Mangku.

Dengan adanya kerusakan tersebut, ratusan pelanggan PDAM khususnya di wilayah Desa Dongan bagian timur jalan hingga ke wilayah Desa Pesaban menjadi terganggu. Untuk mengatasi kondisi itu, Wayan Mangku mengaku akan secepatnya melakukan perbaikan dan langsung mengalirkan air.

 

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritakarangasem.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Karangasem.
Ikuti kami