search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
WBT Ingatkan Pengurus PHDI Pusat Filosofi Sapu Lidi
Sabtu, 20 November 2021, 16:15 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pengurus PHDI Pusat Mejaya-jaya di Pura Besakih.

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKARANGASEM.COM, KARANGASEM.

Pengurus PHDI Pusat Periode 2021-2026 menjalani prosesi mejaya-jaya di Pura Besakih, Sabtu (20/11), bertepatan Hari Raya Kuningan. 

Prosesi itu diikuti Ketua PHDI Wisnu Bawa Tenaya (WBT), Sekretaris Umum Pengurus Harian PHDI Ketut Budiasa dan Ketua Sabha Walaka PHDI Dr. Ir. Ketut Puspa Adnyana dan disaksikan pengurus PHDI Provinsi Bali dan Forkopinda Provinsi Bali.

Upacara ini dipuput lima Sulinggih, salah satunya Ida Pedanda Gde Bang Buruan Manuaba yang juga Dharma Adhyaksa PHDI. Dia menjelaskan, prosesi ini bertujuan mengucap terimakasi kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Melalui upacara ini, para pengurus PHDI diharapkan memiliki kekuatan, ketegaran, ketangguhan dan rasa persatuan dalam mengayomi umat.

"Seperti yang dikatakan Ketua, kita harus seperti sampat lidi, tekek (bersatu), mari kita kesampingkan hal-hal yang kurang berkenan," tuturnya usai memimpin upacara.

Spirit yang sama juga disampaikan WBT. Kata dia, tugas bersama umat Hindu adalah menjaga persatuan agar tetap guyub yang ia simbolkan dalam Sapu Lidi. Hal itu juga sejalan dengan semangat yang dijunjung Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Mari kita besatu, raket tekek sekadi sampat lidi. Dari pulai Mangas sampai Pulau Rote," tegas purnawirawan TNI yang sempat menjabat Pangdam IX/ Udayana ini.

Pada masa kepemimpinannya keduanya ini, WBT menegaskan akan bertanggungjawab dan mengevaluasi atas kekurangannya dalam bertugas.  Menariknya kegiatan ini dikawal oleh unsur kepolisian dan TNI. 

Puluhan personel Brimob disiagakan di sekitar lokasi upacara. Di dalam pura, kegiatan juga dijaga personel Jagabaya dan Dulang Mangap.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritakarangasem.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Karangasem.
Ikuti kami