Salak Sibetan Menjadi Produk Indikasi Geografis - Beritakarangasem.com

Informasi

Salak Sibetan Menjadi Produk Indikasi Geografis

Senin, 01 November 2021 | 10:25 WITA
Salak Sibetan Menjadi Produk Indikasi Geografis

beritabali.com/ist/Salak Sibetan Menjadi Produk Indikasi Geografis

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritakarangasem.com, Karangasem.
Salak Sibetan menjadi salah satu Produk Indikasi Geografis, yang secara hukum sudah dipatenkan dan mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis (SIG) dari Kementerian Hukum dan Ham yang artinya secara geografis salak atau agrowisata/perkebunan salak di Desa Sibetan sudah menjadi salah satu ikon Karangasem. 
Dengan tersertifikasinya Salak Sibetan sebagai indikasi geografis Karangasem, warga di Desa Sibetan juga telah membentuk Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) yang ikut menjaga kelestarian varietas salak Nangka, Salak Porong dan Salak Gula Pasir yang sudah sangat terkenal di dalam negeri maupun di manca negara.
Termasuk menjaga agar lahan perkebunan salak tidak beralih fungsi menjadi lahan persawahan atau perkebunan lain. Sertifikat Indikasi Geografis Salak Sibetan Karangasem ini mendapat apresiasi dan atensi dari Bupati Karangasem, dimana Bupati Gede Dana, Sabtu (30/10/2021) menyerahkan langsung SIG tersebut kepada Kelompok MPIG Salak Sibetan, Karangasem, Bali. 
Penyerahan SIG tersebut berlangsung di Wantilan Pura Bale Agung, Desa Sibetan. Dalam kesempatan tersebut  Bupati Gede Dana menyampaikan, berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2016 bahwa indikasi Geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan atau produk yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi kualitas dan karakteristik tertentu pada barang dan atau produk yang dihasilkan. 
“Sehingga untuk memperoleh Sertifikat IG ini perlu dukungan waktu, administrasi, anggaran dan dukungan dari semua pihak baik Desa Adat, Tokoh masyarakat dan Kelompok-kelompok petani lainnya, untuk ikut bersama-sama mensukseskan perolehan Sertifikat Indikasi Geografis ini,” ujar Gede Dana.
Halaman :

TAGS : MPIG Desa Sibetan Pemkab Karangasem Plt Kadisperindag Karangasem Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Salak Sibetan Berita Karangasem Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Karangasem Terkini Be


Beritakarangasem.com - Media Online Karangasem Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Karangasem, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya