search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Perajin Minyak Tanusan di Karangasem Bantu Stok Minyak Goreng
Selasa, 26 April 2022, 18:00 WITA Follow
image

beritakarangasem.com

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKARANGASEM.COM, KARANGASEM.

Keberadaan perajin minyak tanusan di Karangasem dipandang perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah maupun pusat. 

Pasalnya, di tengah terbatasnya jumlah dan meroketnya harga minyak goreng di pasaran, para perajin minyak tanusan ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga ketersediaan serta kestabilan harga minyak khususnya di Pedesaan.

"Pengrajin minyak tanusan seperti ini sangat membantu ketersediaan minyak goreng di pedesaan, dari sisi ketahanan pangan, harusnya industri kecil seperti ini dibantu dan didorong oleh pemerintah pusat dan daerah dari sisi modal agar bisa tetap bertahan," ujar I Nyoman Sumadi salah satu anggota DPRD Karangasem saat mengunjungi pengrajin minyak tanusan beberapa waktu lalu di Desa Pesedahan, Manggis, Karangasem.

Sementara itu, salah seorang pengrajin minyak tanusan asal Pesedahan, I Nengah Kadung mengaku saat ini tak hanya memproduksi minyak tanusan saja, belakangan buah kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk bahan baku Virgin Coconuts Oil (VCO) yang biasanya dipergunakan untuk spa dan dikonsumsi untuk kesehatan.

"Selain minyak goreng saya juga bikin VCO, prosesnya hampir sama cuma kalo VCO tanpa proses pemanasan," kata Kadung.

Soal VCO menurut Sumadi merupakan salah satu potensi ekonomi yang dimiliki Kabupaten Karangasem. Sehingga dengan memberikan informasi pasar lebih luas serta didukung peralatan yang lebih higienis tentunya produk yang dihasilkan UMKM bisa terserap dengan baik dipasaran. 

"Ini barang yang bermanfaat bagi kesehatan, mungkin bisa didorong dari segi peralatan untuk menciptakan produk yang higienis," tandas Sumadi.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/net

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritakarangasem.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Karangasem.
Ikuti kami