search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Blusukan, Bupati Gede Dana Dapati Harga Cabai Meroket di Pasar
Selasa, 21 Desember 2021, 13:40 WITA Follow
image

beritabali/ist/Blusukan, Bupati Gede Dana Dapati Harga Cabai Meroket di Pasar.

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKARANGASEM.COM, KARANGASEM.

Pastikan kestabilan harga kebutuhan pokok jelang hari raya natal dan tahun baru 2022, Bupati Karangasem, I Gede Dana blusukan ke sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Karangasem, pada Selasa (21/12/2021).

Bupati Gede Dana yang turun didampingi oleh Sekda, Ketut Sedana Merta serta PLT Dinas Perindustrian dan Dagang Kabupaten Karangasem, I Gede Loka Santika meninjau 3 pasar, diantaranya Pasar Amlapura timur dan barat serta pasar Karangsokong di Desa Subagan.

Setelah berkeliling, dan berbincang dengan pedagang dan pengunjung, Bupati beserta rombongan mendapati harga kebutuhan pokok jelang Nataru masih relatif stabil, kendati memang ada beberapa jenis bahan khususnya bumbu dapur mengalami kenaikan. 

Salah satu yang ditemukan mengalami kenaikan harga cukup signifikan yaitu pada harga Cabai, dimana dari harga semula di kisaran Rp.20.000 per kilogramnya kini naik mencapai angka Rp.85.000 hingga Rp.90 ribu per kilogramnya.

"Sejauh ini harga kebutuhan pokok masih relatif stabil, jika ada kenaikan, palingan naik kisaran Rp1.000 dan saya rasa masih normal. Kami juga akan terus memantau harga kebutuhan pokok hingga H+2 tahun baru untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan harga," ujar Bupati Gede Dana. 

Disamping itu, khusus untuk harga cabai memang hampir setiap tahun harganya naik turun, kebetulan saat ini sedang musim hujan sehingga mempengaruhi hasil panen petani dan berdampak terhadap naiknya harga cabai. 

Gede Dana mengakui, dengan kenaikan tersebut tentunya dirasa cukup memberatkan bagi masyarakat, oleh sebab itu ia mengajak bahkan dari awal pandemi Covid-19 masyarakat untuk memanfaatkan lahan disekitar rumah untuk mulai bercocok tanam, seperti menanam sayur-sayuran dan cabai. 

"Paling tidak ketika sudah musim berbuah, untuk kebutuhan sehari-hari bisa mencukupi seperti saya hampir setiap hari saya tidak pernah beli cabai karena saya tanam cabai lahan halaman rumah," terang Bupati Gede Dana. 

Untuk mengantisipasi lonjakan harga, pihaknya akan terus memantau, apabila terjadi lonjakan pihaknya melalui Dinas Perdagangan akan melakukan langkah apakah ke depan akan mensuplay kebutuhan pokok atau seperti apa nantinya.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritakarangasem.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Karangasem.
Ikuti kami