search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Petani di Manggis Karangasem Keluhkan Ulah Kera Liar
Rabu, 23 Juni 2021, 11:20 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITAKARANGASEM.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAKARANGASEM.COM, MANGGIS.

Sejumlah petani di beberapa wilayah Kecamatan Manggis, Karangasem mengeluhkan ulah puluhan ekor kawanan kera liar yang kerap masuk ke areal perkebunan hingga ke rumah - rumah warga.

Keluhan para petani tersebut disampaikan oleh salah seorang anggota DPRD Kabupaten Karangasem asal Kecamatan Manggis, I Wayan Tama. Menurutnya ulah jawanan kera liar tersebut sudah dianggap seperti hama bagi para petani.

Tak hanya memakan buah di kebun warga, kera - kera tersebut juga kerap masuk ke rumah - rumah warga mencuri makanan, bahkan telor ternak ayam juga tak luput dari sasaran kera tersebut.
"Kami mendapat keluhan dari para petani seperti di wilayah Desa Tenganan, Nyuh Tebel, Pesedahan, Sengkidu, Yeh poh, jumlahnya bisa sampai ratusan ekor menyebar bahkan hingga di wilayah Candi Dasa," ujarnya.
Sampai saat ini, para petani tak bisa berbuat banyak, meski telah diusir berkali - kali kawanan kera tersebut kembali datang saat para petani pergi meninggal kebun atau membiarkan rumah dalam keadaan sepi.
"Para petani hanya bisa pasrah melihat dan mengusir saja, kalo ini dibiarkan bahaya, sejauh ini belum ada penanganan karena terbentur dengan pecinta binatang," ungkap Tama.
Ia berharap kondisi ini segera mendapat perhatian dari pihak terkait, untuk dilakukan langkah kedepannya sehingga para petani tidak diresahkan kawanan kera liar ini lagi karena dianggap sangat merugikan petani.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim

Banner

Iklan Sponsor

Banner

Iklan Sponsor



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritakarangasem.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Karangasem.
Ikuti kami